
Spooring adalah suatu pengecekan kelurusan roda dengan melakukan penyetelan yang meliputi komponen suspensi, steering dan rangka kendaraan.
Setelah berkendara beberapa puluh ribu kilometer sebaiknya mobil dilakukan spooring, karena pada setiap mobil berjalan maka komponen pada kaki-kaki tersebut akan mengalami perubahan maupun keausan sehingga terdapat pergeseran komponen, jadi inilah yang membuat mobil terasa kurang nyaman. Biasanya proses spooring juga diikuti dengan proses balancing agar kondisi kaki-kaki mobil lebih maksimal.[...]
Spooring meliputi tiga macam bentuk penyetelan, yaitu :
A. Camber
Camber adalah sudut kemiringan roda terhadap garis vertikal apabila dilihat dari depan kendaraan.
Camber terdiri dari tiga bagian, yaitu :
Positif camber yaitu apabila bagian atas roda miring ke luar
Negative camber yaitu apabila bagian atas roda miring ke dalam.
Zero Camber yaitu apabila bagian atas roda sejajar dengan garis vertikal (penyetelan tepat)
Fungsi Camber, yaitu :
Meningkatkan Stabilitas
Meningkatkan Handling
Akibat Camber pada posisi yang tidak benar, yaitu :
Mobil tertarik pada salah satu sisi
Keausan pada satu sisi bagian dalam/luar dari permukaan roda
Keausan pada bearing roda
Keausan pada ball joint
B. Caster
Caster adalah sudut kemiringan dari sumbu kemudi apabila dilihat dari samping.
Caster terdiri dari tiga bagian, yaitu :
Positif caster yaitu ketika bagian atas sumbu kemudi miring ke arah belakang
Negative caster yaitu ketika bagian atas sumbu kemudi miring ke arah depan
Zero Caster yaituketika bagian atas sumbu kemudi sejajar dengan garis vertikal (penyetelan tepat)
Fungsi caster, yaitu :
Membantu kontrol kemudi
Membantu roda depan untuk kembali keposisi lurus setelah dibelokkan
Akibat caster pada posisi yang tidak benar, yaitu :
Mobil tertarik pada salah satu sisi
Stir keras/berat
Steer melayang sehingga sulit menjaga kestabilan
Stir tidak kembali setelah belok
C.Toe
Toe adalah perbedaan jarak antara roda kanan dan kiri bagian depan dengan bagian belakang apabila dilihat dari atas kendaraan.
Caster terdiri dari tiga bagian, yaitu :
Positif Toe (Toe in) yaitu apabila roda bagian depan lebih berdekatan daripada bagian belakang
Negative Toe (Toe out) yaitu apabila roda bagian depan lebih berdekatan daripada bagian depan
Zero Toe yaitu apabila roda lurus satu sama lain (penyetelan tepat)
Fungsi Toe, yaitu :
Sebagai penghilang daya dorong Camber (koreksi camber)
Meningkatkan daya pengereman
Akibat Toe pada posisi yang tidak benar, yaitu :
Arah mobil tidak terkontrol
Keausan pada satu sisi bagian dalam/luar dari permukaan roda
Dengan melakukan spooring, kondisi kaki-kaki selalu akan terkontrol, alhasil kenyamanan pada mobil dapat terjaga. Oleh sebab itu ikutilah peraturan yang telah disarankan baik dari pihak ATPM agar mobil senantiasa dalam kondisi optimal dan safety.
Posting Komentar